Model Pembelajaran Problem Solving

Pengertian Problem Solving

Metode Problem Solving menurut Suprijono (2012:46) ialah pola yang digunakan sebagai pedoman dela merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial. Sedangkan, Arends (Suprijono, 2012:46) menyatakan model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pembelajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas.
Metode Pembelajaran Problem Solving merupakan metode dalam kegiatan pembelajaran dengan melatih siswa menghadapi berbagai masalah, baik masalah pribadi maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama.sama. Orientasi pembelajarannya adalah investigasi dan penemuan yang pada dasarnya adalah pemecahan masalah. (Hamdani, 2011:84).
Model Pembelajaran Problem Solving
Hidayati (2008), berpendapat bahwa metode Problem Solving (pemecahan masalah) didasarkan pada kesadaran terhadap kenyataan, bahwa mengajar bukanlah sekedar berpidato dan mengkomunikasikan ilmu pengetahuan kepada siswa. Tetapi, mengajar adalah untuk meneliti dengan seksama, mencari, menyelidiki, memikirkan, mengalisis, dan sampai menemukan.
Crow dan Crow (Hamdani, 2011:84) menyatakan metode pemecahan masalah Problem Solving adalah suatu cara menyajikan pelajaran dengan mendorong siswa untuk mencari dan memecahkan suatu masalah atau persoalan dalam rangka pencapaian tujuan pengajaran.
Berdasarkan pendapat pakar-pakar tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Problem Solving merupakan suatu pembelajaran yang mengajarkan kepada siswa untuk menghadapi masalah secara langsung sehingga siswa akan berpikir mencari penyebab terjadinya permasalahan dan mulai dari mencari data-data pendukung merumuskan hipotesis penyelesaian sampai menarik kesimpulan penyelesaian.

Langkah-langkah pembelajaran Problem Solving / Sintaks Problem Solving

Menurut J. Dewey (Thobroni, 2011:336), enam tahap dalam model pemecahan masalah (Problem Solving) adalah :
a.    merumuskan masalah
b.    menelaah masalah
c.    merumuskan hipotesis
d.   mengumpulkan dan mengelompokkan data sebagai pembuktian hipotesis
e.    pembuktian hipotesis
f.     menentukan penyelesaian masalah

Kelebihan Problem Solving

Djamarah (2010:92)Ketiga kategori tersebut perbedaannya hanya pada penekanannya., menjelaskan kelebihan metode Problem Solving antara lain adalah :
a.    metode ini dapat membuat pendidikan di sekolah menjadi lebih relevan dengan kehidupan, khususnya dengan dunia kerja.
b.    proses belajar mengajar melalui pemecahan masalah dapat membiasakan siswa menghadapi dan memecahkan masalah secara terampil, hal ini merupakan kemampuan yang sangat bermakna bagi kehidupan manusia.
c.    metode ini merangsang pengembangan kemampuan berpikir siswa secara kreatif dan menyeluruh, karena dalam proses belajarnya, siswa banyak melakukan proses runtut dengan menyoroti permasalahan dari berbagai segi dalam rangka mencapai pemecahannya.


Kekurangan Problem Solving

Djamarah (2010:93) menjelaskan kekurangan model pembelajaran Problem Solving, antara lain :
a.    kesulitan dalam menentukan tingkat kesulitan masalah.
Solusi yang dapat diterapkan adalah menentukan suatu masalah yang tingkat kesulitannya sesuai dengan tingkat berpikir siswa, tingkat sekolah dan kelasnya serta pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki siswa.
b.    membutuhkan alokasi waktu yang relatif lebih lama dibandingkan model pembelajaran lain.
Solusi yang dapat digunakan adalah dengan membagi pokok bahasan menjadi bagian-bagian kecil yang masih tetap saling berhubungan sehingga membutuhkan waktu yang relatif lebih sedikit untuk menyelesaikannya.
c.    kebiasaan belajar siswa yang tidak sesuai dengan proses pembelajaran Problem Solving
Solusi yang dapat digunakan adalah mengubah kebiasaan siswa belajar dengan mendengarkan dan menerima informasi dari guru menjadi belajar dengan banyak berpikir memecahkan permasalahan sendiri atau kelompok melalui berbagai sumber belajar.


Bagaimana dengan artikelnya diatas? semoga artikel ini bermanfaat bagi semua dan jangan lupa ya, bagikan artikel ini Model Pembelajaran Problem Solving

3 Responses to "Model Pembelajaran Problem Solving"

  1. terima kasih infonya saran saya di bagian akhir ditambahkan sumber rujukann

    BalasHapus
  2. minta referensi buku tentang model pembelajaran problem solving

    BalasHapus