Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli
Pengertian
Pembelajaran Menurut Suyitno (2004:2) pembelajaran adalah upaya
menciptakan iklim dan pelayanan terhadap kemampuan, potensi, minat,
bakat, dan kebutuhan siswa yang beragam agar terjadi interaksi optimal antara guru
dengan siswa serta antara siswa dengan siswa.
Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli |
Pengertian Pembelajaran Menurut Kimble dan Garmezy (Thobroni, 2011:18), menjelaskan bahwa
pembelajaran adalah suatu perubahan perilaku yang relative tetap dan merupakan
hasil merupakan hasil praktik yang diulang-ulang. Pembelajaran memiliki makna
bahwa subjek belajar harus dibelajarkan bukan diajarkan. Subjek belajar yang dimaksud
adalah siswa atau disebuty juga pembelajar yang
menjadi pusat kegiatan belajar. Siswa sebagai subjek belajar dituntut
untuk aktif mencari, menemukan, menganalisis, merumuskan, memecahkan masalah,
dan menyimpulkan suatu masalah.
Pengertian
Pembelajaran Menurut Djamarah , Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri atas
komponen-komponen yang berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran. Menurut
Djamarah (2010: 41-52) komponen-komponen pembelajaran tersebut meliputi :
a.
tujuan, merupakan cita-cita yang ingin dicapai dalam
pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Tujuan dalam proses belajar mengajar
merupakan komponen pertama yang harus ditetapkan karena berfungsi sebagai
indikator keberhasilan pengajaran.
b.
bahan pelajaran, merupakan substansi yang disampaikan dalam
proses belajar mengajar. Bahan pelajaran merupakan unsur inti yang ada dalam
kegiatan belajar mengajar, karena memang bahan pelajaran itu yang akan dikuasai
oleh siswa.
c.
kegiatan belajar mengajar, merupakan segala sesuatu yang
diprogramkan dan dilaksanakan dalam proses belajar mengajar.
d.
metode, yaitu cara yang digunakan untuk mencapai suatu
tujuan. Dalam kegiatan pembelajaran guru sebaiknya menggunakan metode yang
bervariasi disesuaikan dengan materi pelajaran.
e.
alat, merupakan segala sesuatu yang digunakan dalam rangka
mencapai tujuan pembelajaran. Fungsi dari alat tersebut antara lain
meningkatkan kemampuan persepsi, pengertian, transfer, penguatan (reinforcement), dan ingatan.
f.
sumber belajar, yaitu segala sesuatu yang digunakan sebagai
tempat belajar siswa.
g.
evaluasi merupakan tindakan atau proses untuk menilai
sesuatu. Evaluasi merupakan kegiatan mengumpulkan data seluas-luasnya dan
sedalam-dalamnya, yang bersangkutan dengan kapabilitas siswa guna mengetahui
sebab-akibat dan hasil belajar siswa yang dapat mendorong dan mengembangkan
kemampuan belajar
Pengertian Pembelajaran Menurut Gagne (dalam Anni,dkk, 2011: 192) Pembelajaran
merupakan suatu kumpulan proses yang bersifat individual, yang merubah stimuli dari lingkungan seseorang kedalam
sejumlah informasi, yang selanjutnya dapat menyebabkan adanya hasil belajar
dalam bentuk ingatan jangja panjang. Selanjutnya Briggs (dalam Anni,dkk, 2011:
191) menjelaskan bahwa pembelajaran adalah seperangkat peristiwa yang
mempengaruhi si belajar sedemikian rupa sehingga si belajar itu memperoleh
kemudahan dalam berinteraksi berikutnya dengan lingkungan.
Pengertian
Pembelajaran Menurut
UU RI No. 20 tahun 2003 bab 1 pasal 1 ayat 20 tentang sistem
pendidikan nasional, menjelaskan bahwa pembelajaran adalah proses
interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu
lingkungan belajar.
Pengertian
Pembelajaran Menurut Briggs (Anni, 2009:192-193) menjelaskan bahwa
pembelajaran adalah seperangkat peristiwa yang mempengaruhi peserta didik
sedemikian rupa sehingga peserta didik itu memperoleh kemudahan dalam
berinteraksi dalam lingkungan.
Bagaimana dengan artikelnya diatas? semoga artikel
ini bermanfaat bagi semua dan jangan lupa ya, bagikan artikel Pengertian
Pembelajaran Menurut Para Ahli
terimakasih atas infonya. tapi sebaiknya di cantumkan daftar pustakanya dong.!
BalasHapusbagus
BalasHapusBlog Yang Bagus - saya menyukai nya
BalasHapusjangan lupa kunjungi juga yah blog aku
Tanya Jawab Dapodik
Tanya jawab dapodik 2020
dapodik 2020
dapodik
menarik sekali untuk dibaca kak
BalasHapusberita internasional terbaru hari ini