PPG 2014 dan SM3T 2014

PPG

PPG adalah Pendidikan Profesi Guru, Guru sebagai tenaga profesi pendidikan seperti dokter, akuntan, dan pengacara sudah sepatutnya memiliki sertifikat. Sebab, bagi yang tak memilikinya, tidak bisa diangkat menjadi guru. Hal itu bertujuan agar guru lebih berkualitas.
PPG 2014 dan SM3T 2014
Mulai 2013, pola pengangkatan guru diubah yaitu harus lulus pendidikan profesi guru (PPG) terlebih dahulu sebagai tiket diangkat menjadi guru. Tanpa adanya sertifikat PPG, guru tak bisa mengajar baik di sekolah negeri maupun swasta. Ini merupakan rumusan yang dihasilkan dalam rapat penyusunan persiapan PPG di Jogjakarta pada 19-20 Januari lalu serta kini digodok di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Jadi, pendidikan strata satu (S1) belum bisa dikatakan profesional, karena untuk menjadi profesional harus mengikuti PPG. Ini seperti dokter yang harus menjadi co-assistant dahulu, baru bisa menjadi dokter. Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) sebagai institusi penghasil calon guru harus memiliki grand design yang dimulai dari sistem rekrutmen calon guru melalui PPG. Nantinya tidak ada guru yang diangkat tanpa lulus dari PPG jabatan tersebut.

PPG 2014

            Program PPG 2014 untuk sekarang hanya bisa di ikuti lewat jalur SM3T. Sehabis mengapdi selama 1 tahun melalui SM3T barulah bisa ikut PPG. Info terbaru PPG 2014 bisa dilihat disini => http://programppg.unnes.ac.id/


SM3T (Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal)

SM3T atau Program SM3T adalah Program Pengabdian Sarjana Pendidikan untuk berpartisipasi dalam percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T selama satu tahun sebagai penyiapan pendidik profesional yang akan dilanjutkan dengan Program Pendidikan Profesi Guru

Tujuan
1.    Membantu daerah 3T dalam mengatasi permasalahan pendidikan terutama kekurangan tenaga pendidik.
2.    Memberikan pengalaman pengabdian kepada sarjana pendidikan sehingga terbentuk sikap profesional, cinta tanah air, bela negara, peduli, empati, terampil memecahkan masalah kependidikan, dan bertanggung jawab terhadap kemajuan bangsa, serta memiliki jiwa ketahanmalangan dalam mengembangkan pendidikan pada daerah-daerah tergolong 3T.
3.    Menyiapkan calon pendidik yang memiliki jiwa keterpanggilan untuk mengabdikan dirinya sebagai pendidik profesional pada daerah 3T.
4.    Mempersiapkan calon pendidik profesional sebelum mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Ruang Lingkup
1.    Melaksanakan tugas pembelajaran pada satuan pendidikan sesuai dengan bidang keahlian dan tuntutan kondisi setempat.
2.    Mendorong kegiatan inovasi pembelajaran di sekolah.
3.    Melakukan kegiatan ekstra kurikuler.
4.    Membantu tugas-tugas yang terkait dengan manajemen pendidikan di sekolah.
5.    Melakukan pemberdayaan masyarakat untuk mendukung program pembangunan pendidikan di daerah 3T.
6.    Melaksanakan tugas sosial kemasyarakatan.


SM3T 2014


Untuk pendaftaran SM3T 2014 sudah ditutup, info terbaru SM3T 2014 bisa dilihat di sini => http://seleksi.dikti.go.id/

0 Response to "PPG 2014 dan SM3T 2014"

Posting Komentar